vitamin untuk anak susah makan yang terbaik

Vitamin untuk anak susah makan yang terbaik – Memberikan vitamin untuk anak susah makan seringkali dilakukan orang tua untuk mengatasi keluhan susah makan pada anak. Pemberian vitamin ini sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak yang susah makan. Karena vitamin ini dianggap mampu merangsang nafsu makan anak sehingga keluhan susah makan dapat diatasi dan tidak sampai berdampak buruk pada tumbuh kembang anak.

Pemberian vitamin pada anak susah makan

Mengatasi anak susah makan dengan pemberian vitamin ini seringkali direkomendasikan dokter. Vitamin yang biasanya diberikan kepada anak susah makan dapat berupa enzim, anti alergi, probiotik hingga multi vitamin tertentu. Namun yang harus menjadi perhatian orang tua adalah, bahwa tidak semua masalah susah makan pada anak dapat diatasi dengan pemberian vitamin. Pada kasus anak susah makan tertentu, pemberian vitamin sama sekali bukanlah solusi.

Biasanya rekomendasi pemberian vitamin hanya dilakukan oleh dokter setelah penyebab anak susah makan diketahui pasti. Sebelum penyebab susah makan diketahui, orang tua harus cerdas dengan tidak meminta pemberian vitamin anak susah makan kepada dokter. Sehingga pemberian vitamin yang dilakukan memberikan hasil yang diharapkan. Jangan sampai vitamin yang dikonsumsi habis, masalah sulit makan pada anak justru tidak teratasi.

Vitamin untuk anak susah makan

Secara medis, pemberian vitamin hanya boleh dilakukan pada anak dengan kondisi tertentu. Tidak hanya pada anak yang mengalami kesulitan makan saja. Melainkan juga pada anak yang menderita kondisi tertentu seperti prematur, malnutrisi, menjalani program diet karena alasan kesehatan tertentu hingga anak dengan keluhan penyakit tertentu seperti gangguan jantung hingga gangguan paru-paru. Tentunya pemberian vitamin yang dilakukan sesuai dengan rekomendasi dokter.

Sementara untuk anak yang susah makan, pemberian vitamin sendiri dapat dilakukan orang tua dengan berkonsultasi kepada dokter. Biasanya dokter akan memberikan beberapa obat dan vitamin tertentu seperti Enzyplex. Manfaat Enzyplex adalah dalam rangka membantu terpenuhinya nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain enzyplex, dokter bisa jadi merekomendasikan pemberian probiotik hingga multivitamin B yang dapat mengatasi kesulitan makan pada anak.

Minyak ikan untuk anak susah makan

Selain vitamin anak susah makan yang direkomendasikan dokter, orang tua seringkali memanfaatkan minyak ikan. Bahkan sebelum berkonsultasi dengan dokter, banyak orang tua menggunakan minyak ikan untuk mebangkitkan nafsu makan anak. Selain mampu membangkitkan nafsu makan anak, minyak ikan ini juga diindikasi memiliki kandungan vitamin cukup besar sebagai pengganti vitamin yang direkomendasikan dokter.

Berdasarkan beberapa penelitian, minyak ikan memiliki kandungan Omega-3 yang cukup besar. Orang tua tentu sangat memahami pentingnya Omega-3 terutama pada bagian DHA. Keberadaan DHA sangat penting untuk tumbuh kembang otak sehingga berpengaruh pada tingkat kecerdasan anak. Selain itu DHA juga memegang peranan cukup besar dalam menentukan ketajaman retina untuk menangkap obyek sehingga diteruskan ke otak.

Selain mengandung Omega-3 cukup banyak, minyak ikan juga mengandung vitamin yang didapatkan dari hati ikan. Sementara hati ikan sendiri mengandung vitamin A dan D sekaligus kalsium. Kandungan vitamin ini menyebabkan minyak ikan tidak hanya dapat membangkitkan nafsu makan melainkan juga menguatkan tulang dan gigi. Tentunya tidak diragukan lagi jika minyak ikan ini dapat menjadi solusi alternatif pemenuhan vitamin bagi anak susah makan.

Namun menggunakan minyak ikan sebagai pengganti vitamin untuk anak susah makan harus sesuai aturan. Untuk bayi di bawah satu tahun cukup 1 sendok teh minyak ikan. Sementara untuk anak usia 1-3 tahun hanya diperbolehkan 1 sendok makan. Untuk anak usia 4-6 tahun maksimal 2 sendok makan setap hari. Mengingat di dalam minyak ikan juga terkandung lemak cukup tinggi, mengkonsumsinya berlebihan dapat berbahaya untuk anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *