Bahaya Kopi dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Bahaya Kopi dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh – Siapa yang tak kenal dengan kopi?. Yaitu bahan yang digunakan untuk membuat minuman dengan khas warna hitam dan rasanya yang pahit. Di satu sisi banyak orang yang tidak menyukai minuman ini, tetapi di sisi lain yang menggemari dan mencintai minuman ini ternyata jumlahnya lebih banyak lagi. Minuman kopi telah dikenal jauh sejak nenek moyang kita dahulu hingga kini pun peminatnya seakan tak pernah surut. Sebenarnya adakah manfaat dan bahaya kopi jika kita konsumsi secara rutin?

 

Bahaya Kopi

Berdasarkan data dari berbagai riset yang telah dilakukan para pakar, ternyata di dalam kopi ditemukan kandungan zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh, namun di sisi lain ia juga mengandung efek samping yang tidak baik untuk kesehatan.

Sebelum membahas tentang bahaya kopi jika dikonsumsi secara berlebihan, rasanya tidak adil jika sebelumnya kita tidak membahas tentang manfaatnya minum kopi. Sebenarnya kopi banyak juga manfaatnya bagi kesehatan kita, dengan catatan jika dikonsumsi sewajarnya dan tidak berlebihan.

Zat di dalam kopi sangat baik untuk mengurangi tingkat stress fisik dan psikis pada seseorang serta dapat meningkatkan kewaspadaan mental. Bahkan berdasarkan penelitian terbaru disebutkan, bahwa kopi sangat tepat untuk mencegah terjadinya jenis kanker tertentu dan serangan stroke, mengurangi risiko demensia dan parkinson, serta meningkatkan daya ingat memori otak.

Minumlah kopi dalam sehari satu cangkir saja, jangan terlalu berlebihan. Karena efek sampingnya juga tidak baik untuk kesehatan.

Bahaya kopi jika diminum terlalu berlebihan.

Setelah tadi di atas kita membahas manfaat minum kopi, kini saatnya kita membahas bahaya kopi jika diminum secara berlebihan.

Di dalam kopi terkandung kafein, yaitu zat yang memiliki beberapa efek samping. Jika kopi diminum di malam hari mungkin Anda akan mengalami susah tidur, gugup, dan juga gelisah. Kopi merupkan minuman yang mempunyai sifat asam, sehingga jika dikonsumsi dapat meningkatkan kadar asam lambung yang akhirnya dapat menimbulkan keluhan nyeri perut, mual, dan muntah terlebih bagi penderita maagh.

Kopi juga dapat meningkatkan denyut jantung sehingga umumnya ketika selesai minum seseorang akan merasakan denyut jantungnya berdebar-debar lebih kencang, sehinnga bagi penderita darah tinggi sangat tidak dianjurkan mempunyai kebiasaan minum kopi seperti ini. Di samping itu efek lain dari kopi juga dapat menimbulkan kecemasan, sakit kepala, meningkatkan kadar kolesterol, telinga berdenging serta meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sedangkan bahaya kopi bagi ibu hamil jika dikonsumsi lebih dari 2 cangkir per hari dapat meningkatkan risiko keguguran , bayi lahir prematur, serta berat badannya saat lahir rendah. Sedangkan bagi ibu yang menyusui dapat mengakibatkan saluran pencernaannya teriritasi dan mengalami gangguan tidur.

Bagi anak-anak sebaiknya dilarang untuk meminum kopi, karena risiko dan bahayanya lebih tinggi dari pada orang dewasa.

Kafein yang terkandung di dalam kopi jika yang masuk ke dalam tubuh kadarnya terlalu tinggi maka dapat menimbulkan gangguan saluran pencernaan, seperti mual, muntah, sakit perut, dan mencret.Bagi penderita glaukoma konsumsi kopi/kafein dapat meningkatkan tekanan pada bola mata sehingga dapat memperparah keluhan glaukomanya.

Di samping itu kafein juga dapat mengakibatkan kalsium yang ada pada tulang menjadi banyak terbuang lewat pembuangan urin yang akhirnya dapat mengakibatkan tulang menjadi rapuh atau osteoporosis. Itulah sedikit penjelasan yang dapat saya sampaikan seputar bahaya kopi dan manfaatnya. Kopi akan memberi manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi sewajarnya, namun sebaliknya jika dikonsumsi secara berlebihan dapat merugikan bagi kesehatan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *